Pengertian Kimia Klinik

Pengertian Kimia Klinik

Kimia klinis juga dikenal sebagai kimia patologi, biokimia klinis atau medis biokimia, adalah bagian dari patologi klinis yang umumnya berkaitan dengan analisis cairan tubuh.
Pengujian ini berasal dari akhir abad ke-19 dengan penggunaan tes kimia sederhana untuk berbagai komponen darah dan urin. Namun saat ini, teknik lain yang diterapkan termasuk penggunaan dan pengukuran aktivitas enzim, spektrofotometri, elektroforesis, dan immunoassay.
Seiring berkembangnya waktu, laboratorium modern sekarang benar-benar dibuat semaksimal mungkin dengan beban kerja yang tinggi. Pengujian dilakukan dengan pepantauan dan kontrol kualitas.
Semua tes biokimia selalu dibawah patologi kimia. Ini dilakukan pada setiap jenis cairan tubuh, tapi kebanyakan pada serum atau plasma. Serum adalah bagian darah yang berwarna kuning muda yang tersisa setelah darah dibuat membeku dan semua sel darah dapat dihilangkan. Hal ini paling mudah dilakukan dengan sentrifugasi, sel-sel darah dan trombosit padat ke bagian bawah tabung centrifuge, meninggalkan fraksi cairan serum yang dikemas dan berhenti di atas sel-sel. Ini langkah awal sebelum analisis baru-baru ini telah dimasukkan dalam instrumen yang prinsipnya beroperasi pada "sistem yang terintegrasi". Plasma pada dasarnya sama dengan serum, tetapi diperoleh dengan pemutaran darah tanpa pembekuan. Plasma diperoleh dengan sentrifugasi sebelum terjadi pembekuan. Jenis uji yang diperlukan menentukan jenis sampel yang digunakan.

Sebuah laboratorium medis yang besar akan menerima sampel sampai sekitar 700 jenis tes. Bahkan yang terbesar dari laboratorium jarang melakukan semua tes ini sendiri, dan sebagian harus dirujuk ke laboratorium lain.

Sub tes dapat dikategorikan ke dalam sub spesialisasi :

Kimia umum atau rutin - umumnya memerintahkan kimia darah misalnya, tes fungsi hati dan  ginjal.
Kimia khusus - teknik rumit seperti elektroforesis, dan metode pengujian manual.
Clinical endokrinologi - studi tentang hormon, dan diagnosis gangguan endokrin.
Toksikologi - studi tentang penyalahgunaan obat dan bahan kimia lainnya.
Obat Terapi Monitoring - pengukuran terapi obat kadar darah untuk mengoptimalkan dosis.
Urine - analisis kimia urin untuk beragam penyakit , bersama dengan cairan lain seperti CSF dan efusi
Analisis Faeces (tinja) - sebagian besar untuk mendeteksi gangguan pencernaan.

0 Response to "Pengertian Kimia Klinik"

Post a Comment